WELCOME TO MY BLOG
| | | | |
TEGAKKAN SYARI'AH DAN KHILAFAH ISLAMIYAH

Jumat, 28 Maret 2014

Ragam Manfaat Buah dan Biji Labu Bagi Kesehatan Tubuh

Labu adalah buah yang dihasilkan oleh sejumlah anggota Cucurbitaceae (suku labu-labuan). Ukurannya cukup besar dan bentuknya bulat atau memanjang. Mengenai pemanfaatannya tidak ada kriteria yang jelas sehingga buah ini dapat dimakan langsung ataupun dioalah terlebih dulu. Namun yang jelas, labu penuh nutrisi bermanfaat seperti vitamin A, C, E, dan B, serta seng, kalium, dan banyak lagi. Mengonsumsinya secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh anda.

Manfaat Buah Labu

Berkat sejumlah kandungan nutrisinya, labu bisa memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh, diantaranya adalah:

1. Membantu mempertajam penglihatan
Vitamin A dikenal mampu membantu penglihatan jadi lebih baik, dan labu memiliki kandungan nutrisi tersebut. Secangkir labu yang dimasak dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin A hingga beberapa persen, belum lagi kandungan dari beta-karotennya, di mana tubuh juga akan memprosesnya menjadi vitamin A. Wortel juga banyak mengandung nutrisi ini, itulah sebabnya mengapa wortel juga dapat membantu kesehatan mata
.
2. Mengurangi Risiko Kanker
Menurut National Cancer Institute, sama seperti halnya wortel, ubi jalar, dan buah-buahan atau sayuran berwarna oranye lainnya, labu kaya akan antioksidan beta-karoten yang memiliki peran dalam mencegah kanker. Makanan sumber beta-karoten tampaknya lebih berperan signifikan daripada suplemen. Selain itu, sterol dalam biji labu juga telah dikaitkan dengan perlawanannya terhadap jenis kanker tertentu.

3. Memulihkan kelelahan dengan cepat
Mengonsumsi labu juga bermanfaat untuk membantu kecepatan pemulihan setelah melakukan olahraga yang berat. Cuaca dingin atau panas bukanlah alasan untuk berhenti berolahraga. Jika anda merasa lelah ketika habis berolahraga, maka konsumsilah labu. Labu merupakan sumber kalium yang tinggi, bahkan lebih besar daripada pisang.

4. Membantu menurunkan berat badan
Labu merupakan merupakan sumber serat yang tinggi (tiga gram per cangkir) dengan hanya mengandung 49 kalori. Hal ini tentunya membuat labu menjadi salah satu makanan yang baik apabila anda ingin diet atau menurunkan berat badan. Makanan kaya serat seperti labu dapat mendorong seseorang untuk makan lebih sedikit. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan berserat sebelum makan siang diketahui mengasup kalori lebih sedikit.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C mempunyai peran dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan labu merupakan sumber nutrisi tersebut. Secangkir labu yang dimasak mengandung lebih dari 11 mg vitamin C, atau hampir 20 persen dari 60 mg vitamin C harian yang direkomendasikan untuk wanita. Sedangkan pada pria, kebutuhan vitamin C hariannya adalah sekitar 75 mg (berdasarkan IOM).

Manfaat Biji Labu

Selain buahnya, biji labu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :
1. Meningkatkan suasana hati
Biji labu kaya akan asam amino triptofan. Triptofan merupakan prekursor melatonin (hormon perangsang tidur), niasin (suatu vitamin), dan serotonin (suatu transmitter pada sistem saraf). Serotonin adalah salah satu pemain utama yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Mengonsumsi sejumlah biji labu panggang dapat membantu anda tetap bersemangat.

2. Menjaga kesehatan jantung
Biji labu mengandung pitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Sebagaimana diketahui bahwa tingginya kadar kolesterol buruk telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan pada jantung. Maka dari itu, biji labu memiliki peran penting untuk menjaga kadar kolesterol anda tetap normal dan menjaga kesehatan jantung. Biji labu juga kaya akan seng yang penting dalam penyembuhan tubuh.

 Sumber : artikelkesehatan99.com

0 komentar:

Posting Komentar

Batman Begins - Diagonal Resize 2

iklan


animasi bergerak naruto dan onepiece